Mengenal Apa Itu ATA Chapter dan Daftar Sistem Penomorannya
Silahkan tunggu orang sabar di sayang mantan . Loading... Link download Akan Muncul Sesaat Lagi
Pesawat terbang merupakan sarana transportasi udara paling banyak digunakan untuk keperluan komersial. Kemampuan mengangkut banyak orang dan barang dengan jarak tempuh yang jauh, membuat transportasi ini terus berkembang dengan sangat pesat.
![]() |
Pedoman umum ATA Chapter |
Pesawat sendiri diciptakan dengan banyak sekali komponen. Banyaknya bagian penyusun pesawat membuat pengklasifikasian komponen tersebut menjadi sangat rumit. Untuk menyederhanakan hal terebut, digunakanlah beberapa kombinasi angka dan huruf. Kode tersebut dibuat dan disepakati dalam ATA (Air Transportation Association).
Apa Itu ATA?
Air Transport Association adalah organisasi perdagangan yang beranggotakan maskapai penerbangan dari seluruh dunia. ATA didirikan untuk membantu maskapai-maskapai penerbangan dari seluruh dunia agar dapat bersaing secara sah dan terciptanya harga yang murah.
Apa Itu ATA Chapter?
ATA Chapter Merupakan sistem penomoran yang dibuat oleh ATA (Air Transportation Association). ATA Chapter digunakan sebagai standar penomoran referensi untuk dokumentasi pesawat terbang. Sistem ini dibuat agar pilot maupun teknisi mampu mengidentifikasi dengan cepat meski pesawat dengan pabrikan negara manapun.
Tidak hanya teknisi dan pilot saja, namun agar para pelajar, administrator, dan masih banyak lagi lainnya bisa mempelajari dan menginventaris peralatan apa saja yang ada dalam pesawat terbang. Akan tetapi, sistem penomoran ATA ini sudah cukup ketinggalan zaman. Tepatnya mulai tahun 2015, sistem ini sudah tidak digunakan lagi.
Daftar ATA Chapter
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa industri penerbangan termasuk sektor yang heavy regulation (banyak peraturannya), selain sektor kesehatan dan migas. Hal tersebut disebabkan, apabila pesawat mengalami kecelakaan di atas langit, maka hampir semua orang bisa meninggal.
Oleh karena itu, risiko kecil dengan ditemukan baut dalam sebuah pesawat, maka penerbangan akan ditunda dan semua baut dalam pesawat akan dihitung beserta dipastikan apakah baut tersebut berasal dari pesawat atau tidak.
Untuk mempermudah inspeksi tersebut, perlu dilakukan yang namanya dokumentasi. Dengan adanya kode dokumentasi, maka anomali sekecil apapun bisa dideteksi dengan mudah karena datanya lengkap.
1. Daftar Umum
Seperti judulnya, ATA Chapter pada daftar ini berisi hal-hal yang masih bersifat umum. Beberapa hal seperti SOP dalam penerbangan, alur informasi, pemeliharaan, lokasi parkir, aircrew, dan masih banyak hal lainnya akan diidentifikasi menggunakan kode ini.
ATA Chapter ini dimulai dari ATA 00 sampai ATA 18. Apabila bagian ini diikuti dengan benar, maka pelayanan yang akan didapatkan oleh penumpang dijamin akan memuaskan. Tidak hanya itu, kebijakan pemeliharaan pesawat juga akan terjamin dan mudah diidentifikasi apakah sudah sesuai dengan SOP atau tidak.
File PDF Daftar ATA Chapter: itlims-zsis.meil.pw.edu.pl/pomoce/ESL/2016/ATA_Chapters.pdf
Bahkan, aturan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh pilot juga diidentifikasi pada ATA Chapter di daftar umum ini. Wajar saja, karena memang cakupan babnya yang masih sangat luas.
ATA Number | ATA Chapter name |
---|---|
ATA 00 | GENERAL |
ATA 01 | MAINTENANCE POLICY |
ATA 02 | OPERATIONS |
ATA 03 | SUPPORT |
ATA 04 | AIRWORTHINESS LIMITATIONS |
ATA 05 | TIME LIMITS/MAINTENANCE CHECKS |
ATA 06 | DIMENSIONS AND AREAS |
ATA 07 | LIFTING AND SHORING |
ATA 08 | LEVELING AND WEIGHING |
ATA 09 | TOWING AND TAXIING |
ATA 10 | PARKING, MOORING, STORAGE AND RETURN TO SERVICE |
ATA 11 | PLACARDS AND MARKINGS |
ATA 12 | SERVICING |
ATA 15 | AIR CREW INFORMATION |
ATA 16 | CHANGE OF ROLE |
ATA 18 | VIBRATION AND NOISE ANALYSIS (HELICOPTER ONLY) |
2. Aircraft System
Pada daftar ini, masalah yang diperhatikan berupa badan pewasat tebang dan sistem pendukungnya. Akan tetapi, daftar ini tidak berisi tentang struktur pesawat ataupun sumber energi. Sebab, hal-hal itu akan dibahas pada bab selanjutnya.
Khusus aircraft system, bagian yang diperhatikan dengan memanfaatkan chapter ini, seperti bahan bakar apa yang digunakan atau apakah lampu pesawat menyala. Selain itu, sistem AC juga termasuk ke dalam dokumentasi yang harus dilakukan pengecekan secara berkala.
![]() |
inspeksi pesawat terbang sebelum lepas landas |
Seperti apakah sistem informasi dalam pesawat terbang, baik saat di darat maupun sudah terbang ke udara tetap saja didokumentasikan dengan sangat rapi.
ATA Number | ATA Chapter name |
---|---|
ATA 20 | STANDARD PRACTICES- AIRFRAME |
ATA 21 | AIR CONDITIONING |
ATA 22 | AUTO FLIGHT |
ATA 23 | COMMUNICATION |
ATA 24 | ELECTRICAL POWER |
ATA 25 | EQUIPMENT /FURNISHINGS |
ATA 26 | FIRE PROTECTION |
ATA 27 | FLIGHT CONTROLS |
ATA 28 | FUEL |
ATA 29 | HYDRAULIC POWER |
ATA 30 | ICE AND RAIN PROTECTION |
ATA 31 | INDICATING / RECORDING SYSTEM |
ATA 32 | LANDING GEAR |
ATA 33 | LIGHTS |
ATA 34 | NAVIGATION |
ATA 35 | OXYGEN |
ATA 36 | PNEUMATIC |
ATA 37 | VACUUM |
ATA 38 | WATER / WASTE |
ATA 39 | ELECTRICAL - ELECTRONIC PANELS AND MULTIPURPOSE COMPONENTS |
ATA 40 | MULTISYSTEM |
ATA 41 | WATER BALLAST |
ATA 42 | INTEGRATED MODULAR AVIONICS |
ATA 44 | CABIN SYSTEMS |
ATA 45 | ONBOARD MAINTENANCE SYSTEMS (OMS) |
ATA 46 | INFORMATION SYSTEMS |
ATA 47 | INERT GAS SYSTEM |
ATA 48 | IN FLIGHT FUEL DISPENSING |
ATA 49 | (AIRBORNE) AUXILIARY POWER UNIT |
3. Struktur
Bagian ini berisi dokumentasi tentang struktur penting dalam pesawat terbang. Struktur tersebut bisa berupa rangka pesawat, kargo, pintu, dan berbagai bagian penting lainnya. Struktur ini akan dicek setiap harinya sebelum pesawat berangkat lepas landas.
ATA Number | ATA Chapter Name |
---|---|
ATA 50 | CARGO AND ACCESSORY COMPARTMENTS |
ATA 51 | STANDARD PRACTICES AND STRUCTURES - GENERAL |
ATA 52 | DOORS |
ATA 53 | FUSELAGE |
ATA 54 | NACELLES/PYLONS |
ATA 55 | STABILIZERS |
ATA 56 | WINDOWS |
ATA 57 | WINGS |
Dokumentasi pada chapter ini pastinya akan sangat membantu teknisi yang sedang melakukan pengecekan. Mereka bisa mengecek setiap bagian seperti jendela pesawat, baut, dan lain sebagainya tanpa terlewat satupun. Pekerjaan mereka akan menjadi semakin cepat dan minim kesalahan pula.
4. Propeller/Rotor
Bagian baling-baling digunakan untuk meningkatkan kecepatan angin. Angin tersebut kemudian dimanipulasi sedemikian rupa, sehingga bisa mengangkat pesawat terbang. Oleh karena itu, keadaan baling-baling dan rotor yang mendukungnya harus selalu prima.
![]() |
mesin rotor pada pesawat komersil |
ATA Number | ATA Chapter name |
---|---|
ATA 60 | STANDARD PRACTICES - PROP./ROTOR |
ATA 61 | PROPELLERS/ PROPULSORS |
ATA 62 | MAIN ROTOR(S) |
ATA 63 | MAIN ROTOR DRIVE(S) |
ATA 64 | TAIL ROTOR |
ATA 65 | TAIL ROTOR DRIVE |
ATA 66 | FOLDING BLADES/PYLON |
ATA 67 | ROTORS FLIGHT CONTROL |
5. Power Plant
Sebuah pesawat terbang baru bisa berfungsi dengan baik apabila energi yang menyuplai mesinnya tersedia dengan baik. Oleh karena itu, minyak pelumas mesin, perapian, sistem pembakaran, dan beberapa lainnya harus dipastikan bekerja dengan baik.
Untung saja, pemeriksaan tersebut akan terbantu dengan dokumentasi menggunakan kode daro chapter ini. Tujuannya, agar hal ini tidak terlewatkan sedikitpun.
ATA Number | ATA Chapter name |
---|---|
ATA 71 | POWER PLANT |
ATA 72 | ENGINE |
ATA 72T | ENGINE - TURBINE/TURBOPROP, DUCTED FAN/UNDUCTED FAN |
ATA 72R | ENGINE - RECIPROCATING |
ATA 73 | ENGINE - FUEL AND CONTROL |
ATA 74 | IGNITION |
ATA 75 | BLEED AIR |
ATA 76 | ENGINE CONTROLS |
ATA 77 | ENGINE INDICATING |
ATA 78 | EXHAUST |
ATA 79 | OIL |
ATA 80 | STARTING |
ATA 81 | TURBINES (RECIPROCATING ENGINES) |
ATA 82 | WATER INJECTION |
ATA 83 | ACCESSORY GEARBOX (ENGINE DRIVEN) |
ATA 84 | PROPULSION AUGMENTATION |
ATA 85 | FUEL CELL SYSTEMS |
6. Miscellaneous
Pada bagian ini, ada chapter yang menunjukan dokumentasi tentang simulasi penerbangan. Simulasi ini sering dilakukan oleh pilot untuk memperbaharui pengetahuannya. Tidak hanya pilot, pesawat yang baru dibuat juga harus melewati serangkaian proses simulasi.
ATA Number | ATA Chapter name |
---|---|
ATA 91 | CHARTS |
ATA 97 | WIRING REPORTING |
ATA 115 | FLIGHT SIMULATOR SYSTEMS |
ATA 116 | FLIGHT SIMULATOR CUEING SYSTEM |
Dalam industri penerbangan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Banyaknya peraturan dimaksudkan untuk menjamin keselamatan dari penumpangnya. Agar penumpang merasa aman, maka perlu dilakukan pengecekan dengan bantuan dokumentasi yang telah dibuat sebelumnya. Dokumentasi tersebut menggunakan ATA Chapter.
Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu ATA Chapter dan Daftar Sistem Penomorannya"
Posting Komentar